Bombana, 8 Januari 2024
- Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, aktif mengikuti Rapat Koordinasi Inflasi secara daring yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 8 Januari 2024. Zoom meeting ini berlangsung di ruang rapat Measalaro, kantor Bupati Bombana, dan dihadiri oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah, kepala BPS Bombana, para asisten, staf ahli Bupati, dan perwakilan dinas teknis.

Selama rapat, Mendagri memberikan arahan terkait situasi inflasi di Indonesia yang sebesar 2,61%, yang dianggap cukup stabil dan menempati peringkat keempat dari sebelas negara di ASEAN. Meskipun demikian, beliau menyampaikan bahwa beberapa daerah masih mengalami tingkat inflasi di atas rata-rata nasional. Para kepala daerah diminta untuk mengecek masalah yang mungkin menjadi penyebab dan memastikan pembaruan data secara berkala.

Usai rapat koordinasi daring, Pj. Bupati Bombana memberikan arahan terkait Indeks Prestasi Harga (IPH) Kabupaten Bombana, yang saat ini berada pada angka 0,591%. Meskipun mengalami penurunan, Pj. Bupati menegaskan perlunya tetap waspada, terutama menghadapi kenaikan harga komoditas menjelang bulan suci Ramadan.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, Pj. Bupati Bombana merencanakan untuk melakukan sidak pasar guna mengecek langsung harga pangan dan ketersediaan stok di pasar induk Tadoha Mapaccing. Langkah ini diharapkan dapat memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan di pasar lokal serta memitigasi potensi kenaikan yang dapat mempengaruhi daya beli masyarakat.


Penulis: Amar Muarif

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama