Jakarta, 4 Desember 2023
- Bagian Perekonomi Setda Kabupaten Bombana, Hj. Siti Herlisa, S.IP., M.Si, turut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi dan peluncuran modul penyusunan penilaian kinerja Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang berlangsung di Hotel Mercure - Jakarta.

Partisipasi dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen Kabupaten Bombana dalam mengoptimalkan kinerja BLUD dalam menyediakan pelayanan kesehatan di tingkat daerah. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 500 peserta secara daring dan 400 peserta yang hadir langsung. Peserta terdiri dari Biro Perekonomian Provinsi, Bagian Perekonomian Kabupaten/Kota, BPKAD/BKD, RSUD, dan Dinas Kesehatan dari seluruh Indonesia.

Adapun materi sosialisasi mencakup:

1. Pemaparan kebijakan manajemen dan isu-isu strategis dalam memberikan pelayanan di Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah oleh Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.
2. Penyusunan dan penilaian laporan kinerja BLUD bidang kesehatan oleh Kasubdit BLUD.
3. Simulasi modul penilaian kinerja BLUD bidang kesehatan oleh Tenaga Ahli LPPSP Fisip UI.

Kegiatan ini diawali dengan laporan dari panitia, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan best practice oleh perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Kebumen dipilih sebagai kabupaten percontohan dalam pembentukan dan pengelolaan BLUD, menjadi acuan bagi daerah lain yang belum mengadopsi perubahan status puskesmas menjadi BLUD.

Sesi tanya jawab menjadi penutup yang memperkaya wawasan peserta dan mengakhiri kegiatan ini dengan harapan bahwa pelaksanaan BLUD di Kabupaten Bombana dapat terus berkembang, memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan, dan menjadi contoh inspiratif bagi daerah lainnya.

Penulis: Marni

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama